Baruga, (15/12/2023) telah dilaksanakan Sosialisasi Kampung KB Berkualitas yang dibawakan oleh Marce Lobo P., SKM selaku penata KKB dan dihadiri langsung oleh PJ. Kepala Desa Baruga Alamsyah, S.STP bersama Kader Desa baruga dengan bertempat di Aula Kantor Desa Baruga Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.

Kampung Keluarga Berkualitas didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Baruga.

Secara umum tujuan dibentuknya Kampung Keluarga Berkualitas Kokolaka Kelurahan Jatirejo adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui pemberdayaan masyarakat dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (Bangga Kencana) serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan tujuan khusus yang hendak dicapai adalah :

1. Meningkatkan peran Pemerintah,  Pemerintah Daerah, Lembaga Non Pemerintah, dan Swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk melaksanakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (BANGGA KENCANA) serta pembangunan sektor terkait.

2. Meningkatkan kesadaran masyarakat yang berhubungan dengan pembangunan berwawasan kependudukan

3. Meningkatkan jumlah peserta KB aktif dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP)

4. Meningkatkan ketahanan keluarga melalui program 8 fungsi keluarga (Keagamaan, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi, dan Pembinaan Lingkungan)

5. Meningkatkan pemberdayaan keluarga melalui Kelompok UPPKS
6. Menurunkan angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
7. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
8. Meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah
9. Menurunkan angka perkawinan di bawah umur

Harapannya, SDM maysarakat desa Baruga dapat meningkat dan lebih berkualitas serta keluarga menjadi lebih harmonis dan sejahtera

Bagikan Berita