Senin, 15 Januari 2024 BUMDES SL2 Sentosa Desa Baruga menyelenggarakan Rapat Laporan Pertanggungjawaban Tahunan untuk Tahun Buku 2023. Rapat yang bertempat di Aula Kantor Desa Baruga ini dihadiri oleh  PJ. Kepala Desa Alamsyah, S.STP beserta Perangkat Desa Baruga, Pendamping Desa, serta Ketua dan Anggota BPD.

Penyampaian laporan keuangan dibawakan langsung oleh Aswan selaku Ketua Bumdes Baruga dengan menjelaskan bahwa saat ini Bumdes Baruga telah menjalankan 5 jenis usaha yakni Agen BRI Link, Jasa Rental Mobil, Usaha Es Kristal, serta 2 usaha baru yang di launching tahun 2023 yakni usaha peternakan kambing dan budidaya telur ayam.

Adapun beberapa kendala yang ditemukan dilapangan yang pertama yaitu Usaha Es Kristal mesin yang ada di pabrik saat ini hanya dua sehingga supply masih kurang, sehingga BUMDES merasa belum cukup mampu untuk memenuhi jumlah permintaan konsumen yang semakin bertambah, maka dari itu diharapkan kedepannya Bumdes bisa diberikan beberapa mesin tambahan sehingga pendapatan dibidang ini bisa bertambah dan dapat mencukupi permintaan pasar.

Selanjutnya untuk Jasa Agen BRI Link, namun masalah kali ini adalah mesin yang digunakan untuk melakukan penarikan uang tunai hanya dapat melalui BRI sehingga operasional pada usaha ini masih  dirasa belum maksimal.  Harapannya  Bumdes mendapatkan bantuan modal agar dapat menggunakan alat yang lebih memadai lagi. meskipun dirasa masih belum maksimal, tetap saja pendapatan dari usaha ini sudah naik secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kemudian untuk Jasa Rental Mobil Bus ini, agar dapat menjalin sebuah kontrak maka pengurus Bumdes membutuhkan sebuah jaringan kepada beberapa perusahaan di Luwu Timur seperti PT. Vale. Kedepannya, Bumdes Baruga akan lebih aktif lagi untuk memperluas jaringan, agar bisa menggaet lebih banyak klien lagi sehingga pendapatan dari usaha bidang ini bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Adapun 2 jenis usaha yang bertambah sejak 2023 yakni usaha peternakan kambing dan budidaya telur ayam. Keduanya masih membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil, namun Ketua BUMDES yakin bahwa nantinya kedua jenis usaha ini akan berhasil, selama tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaporan hasil keuangan Bumdes SL2 Sentosa Desa Baruga dengan paparan sebagai berikut.

Bagikan Berita