Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam rangka persiapan penilaian Adipura Tahun 2022, Pemerintah Desa Baruga bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Kerja Bakti dari seluruh jalan dan drainase desa, kawasan pemukiman warga hingga daerah pasar sentral malili pada rabu 6 september 2022.

Dalam hal ini Kepala Desa Baruga, Yahya Abdullah terjun langsung dalam kegiatan kerja bakti dan menemukan beberapa aliran air di drainase yang tidak begitu lancar, yang disebabkan oleh tertumpuknya sampah domestik dan pasir di sekitar yang jatuh ke drainase ini sehingga perlu dibersihkan.

  Adapula ditemukan drainase di kawasan perumahan tersumbat yang disebabkan oleh rumput dan pohon liar di sekitaran drainase ini sehingga arus air mengalir ke jalur drainase lain, hal ini mengakibatkan volume air di drainase jalan jeruk cukup tinggi. Hal ini pun langsung ditangani dengan cepat dengan membabat habis rumput liar dan pohon di sekitaran drainase itu agar air dari jalan jeruk memiliki 2 jalur yang dapat di akses ke sungai malili.

 

Yahya Abdullah selaku Kepala Desa Baruga berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat Desa Baruga khususnya para pedagang pasar sentral malili yang telah turut membantu menjaga kebersihan dan menata rapi  yang menciptakan rasa nyaman dan asri di kawasan Pasar Sentral Malili. Tidak lupa pula kepada pihak Pemadam Kebakaran yang secara ikhlas ikut membantu menata jalan-jalan yang ada di Desa Baruga.

Bagikan Berita