Guna memantau kesehatan masyarakat pengidap penyakit kronis semisal Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi, UPTD Puskesmas Malili menggelar Penyuluhan Kesehatan dengan mengangkat topik seputar 2 Penyakit ini.

UPTD Puskesmas Malili mengatakan bahwa program ini dilaksanakan sebagai upaya pihaknya melakukan pencegahan penderita penyakit kronis agar tidak mengalami komplikasi lanjutan, sebab penyakit DM atau hipertensi adalah jenis penyakit yang banyak diidap mayarakat.

Materi pertama yang dibawakan yaitu Hipertensi.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik ≥90 mmHg.
Adapun tips untuk mengurangi potensi terkena Hipertensi yaitu dengan mengatur pola makan dengan membatasi jumlah kadar konsumsi gula yakni <50 gram (4 sdm perhari) dan garam <5 gram (1 sendok teh perhari), Membatasi makanan olahan dan cepat saji, serta sering mengonsumsi Buah dan Sayuran.

Komplikasi Penyakit yang dapat ditimbulkan dari Hipertensi yakni penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, Retinopati (kerusakan retina), Gangguan Saraf, Penyakit pembuluh darah tepi, Gangguan serebral (otak).

Berlanjut ke permasalahan penyakit Diabetes Melitus (DM)
Merupakan suatu penyakit menahun yang ditandai oleh kadar glukosa diatas batas, normal adapun nilai normal gula darah sewaktu (GDS) tanpa puasa yakni 200 mg/dl, dan saat puasa 126mg/dl.
Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk menurunkan kadar gula darah.

Berikut beberapa penjelasan dari gejala penyakit diabetes melitus, bagaimana mengetahuinya, faktor risiko penyakit DM, serta apa yang perlu dilakukan jika kita terdiagnosis oleh penyakit ini.

Berikut beberapa penjelasan dari gejala penyakit diabetes melitus, bagaimana mengetahuinya, faktor risiko penyakit DM, serta apa yang perlu dilakukan jika kita terdiagnosis oleh penyakit ini.

Sama seperti Hipertensi ataupun penyakit lainnya, cara untuk menghindari penyakit diabetes melitus yaitu dengan mengatur pola makan dan hanya makan-makanan yang sehat. anda dapat menerapkan 1/2 dari piring berisi sayuran dan buah, 1/4 terdiri dari protein, dan 1/4 nya lagi berasal dari biji-bijian yang dari beras ataupun gandum.
Perlu diingat bahwa bagi yang telah menderita penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk memakan buah-buahan yang dapat menaikkan kadar gula tinggi seperti Durian, Mangga, Semangka, Nanas, dan Ceri.
Serta tidak lupa untuk berolahraga seperti joging, senam, berenang dan lain sebagainya.

Bagikan Berita