MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa merupakan kegiatan untuk membahas hasil survey yang telah dilaksanakan oleh tim kesehatan Puskesmas lalu merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang telah diperoleh dari hasil survey.

Adapun tujuan MMD adalah sebagai berikut yaitu agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, kemudian sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya yang selanjutnya menyusun rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Baruga pada pukul 08:30 Wita dan dihadiri oleh Kepala Desa Baruga, Ketua BPD, Kader Kesehatan Desa Baruga, tokoh masyarakat dan Tim Kesehatan Puskesmas Malili. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Yahya Abdullah sebagai Kepala Desa Baruga, dengan berterimakasih kepada Ibu-Ibu Kader Desa Baruga dalam melakukan pelayanan yang rutin dilaksanakan pada setiap pertengahan bulan.

Sehubungan dengan ini Kepala Desa Baruga menyampaikan hasil survey yang telah diterima pada kegiatan yang telah beliau hadiri sebelumnya di Gedung Wanita Simpurusiang. Dalam laporannya bahwa masih ada anak-anak yang terdeteksi mengalami gejala stunting, namun berdasarkan data yang diterima, anak-anak yang mengalami gejala stunting ini rupanya telah memperoleh asupan gizi yang baik. 

Maka dari itu Yahya Abdullah berpesan agar sekiranya saat melakukan pengukuran tinggi dan berat badan pada anak agar sekiranya bisa lebih akurat untuk menghindari kesalahan saat pendataan nantinya.

Lanjutnya Yahya Abdullah juga menyarankan agar dapat bekerja sama dengan Spesialis anak untuk mendapatkan informasi, berupa apa saja yang dirasa  perlu dalam pemberian gizi kepada anak sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kader Desa sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

Selanjutnya isi kegiatan MMD dilanjutkan oleh Tim kesehatan Puskesmas dengan memaparkan hasil Survey di Desa Baruga

 Adapun hasil analasis yang dianggap perlu untuk ditangani yakni sebagai berikut :

1. Masih kurangnya kesadaran penderita untuk mengontrol HT/DM dengan cara patuh minum obat dan memeriksakan diri di kegiatan Posbindu

2. Perlu dilakukan penyampaian informasi mengenai

– jadwal pemeriksaan Ibu hamil, lansia, dan anak.
– Penyuluhan tentang tanda bahaya dalam kehamilan, Penyuluhan Kesehatan Remaja dan Stunting.
– Pelayanan mata,THT, Jantung dan Pengobatan Lansia serta Hipertensi

3. Penyediaan obat obatan serta Pemeriksaan kolesterol, Asam urat, dan Pemeriksaan GDS

4. Pelayanan Kesehatan Gigi

Bagikan Berita

slot bet 100

slot qris 5000

depo 25 bonus 25

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 25 bonus 25