Mahasiswa KKN Universitas Muslim Indonesia (UMI) Angkatan 67 melaksanakan Seminar Program Kerja yang bertempat di Aula Kantor Desa Baruga pada tanggal 26 November 2021.
Adapun tamu undangan yang sempat hadir pada kegiatan seminar ini yaitu Kepala Desa Baruga Yahya Abdullah, Ketua dan anggota Karang Taruna, Kepala dusun Lagaroang serta Pendamping Desa.

Koordinator Desa Baruga mengungkapkan bahwa seminar program kerja ini mengangkat tema berupa penanggulangan Covid-19, dengan memaparkan beberapa program kegiatan yaitu sebagai berikut :
1. Melakukan Vaksinasi COVID-19 di desa Baruga
2. Pembagian masker kepada warga desa
3. Pembuatan spanduk dan pamflet protokol kesehatan di titik strategis
4. Mengadakan kegiatan senam bersama disetiap hari rabu.
5. Kegiatan Jum’at bersih disetiap dusun yang ada di desa Baruga dengan berfokus disekitaran area masjid desa Baruga.
6. Mengadakan kegiatan senam bersama ibu-ibu di desa Baruga dengan memberikan kupon hadiah di akhir acara.
7. Sosialisasi Protokol Kesehatan di SD Negeri 228 Lagaroang

setelah memaparkan Program Kerja tersebut tamu acara diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran sehubungan dengan beberapa kegiatan ini.

“sehubungan dengan kegiatan jum’at bersih di desa kita ini terdapat 4 masjid jadi agar memungkinkan kegiatan ini berjalan dengan mudah sekiranya agar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dapat bekerja sama dengan Universitas Andi Djemma (UNANDA). Hal Ini dikarenakan UNANDA juga memiliki kegiatan Bakti sosial, jadi masing-masing universitas bisa menyelesaikan kegiatannya secara bersamaan dan jadi lebih mudah” Saran Kepala Desa Baruga Yahya Abdllah.

Adapun Rahmat selaku Ketua Karang Taruna Desa Baruga memberikan sanggahan bahwa Program Kerja KKN UMI Makassar ini, yaitu mempertanyakan soal kendala anggaran yang digunakan akan berasal darimana dan seperti apa pola kegiatannya, hal ini perlu dikordinasikan dengan pemerintah desa agar dapat memudahkan kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam kesempatan ini pula Rahmat menambahkan bahwa sebaiknya aksi lingkungan bersih ini dilakukan di sekeliling desa dengan menentukan titik-titik dimana saja yang akan dibersihkan sehingga masyarakat desa Baruga dapat mengenali Mahasiswa yang sedang KKN ini. Serta memberikan sosialisasi kepada Siswa SDN 228 Lagaroang dan disetiap TK di desa Baruga untuk terus menaati Protokol kesehatan COVID-19, dengan menjaga kebersihan diri dan memakai masker setiap harinya.

Pendamping desa turut memberikan tanggapannya bahwa sebagaimana sebelum-sebelumnya pemerintah desa telah melaksanakan kegiatan yang tidak jauh berbeda dengan program kerja KKN UMI Makassar, maka alangkah baiknya agar Pemerintah Desa turut ikut berpartisipatif dalam kegiatan ini, serta diharapkan anggarannya masih mencukupi untuk program ini. Pendamping Desa juga menambahkan agar disetiap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa UMI Makassar ini, seperti senam untuk ibu-ibu, sosialisasi, dan lain-lain yang dapat menimbulkan kerumunan, untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, dan tidak lupa untuk terus berkordinasi dengan Pemerintah Desa ataupun sekedar berkomunikasi dengan Kepala Desa Baruga Yahya Abdullah agar kegiatan ini bisa berjalan dengan sinkron.

Acara ini pun diakhiri dengan ngobrol santai Kepala Desa bersama Masiswa KKN sembari mencicipi hidangan ala kadarnya yang telah disiapkan.

Bagikan Berita