Sejarah Desa

Sejarah Desa Baruga didapat dengan mendengar cerita dari orang-orang tua yang kemudian diceritakan kembali oleh orang -orang setelahnya lalu  kemudian ditulis untuk dijadikan bahan literatur bagi yang memerlukan.

Sejarah Desa

Desa Baruga merupakan salah satu dari lima belas (15) Desa yang ada di Kecamatan Malili Kabupaten LuwuTimur. Desa Baruga terdiri dari tiga (3) Dusun yakni Dusun Langaru, Dusun Lagaroang dan Dusun Samudra.

Desa Baruga merupakan Pusat Perekonomian Kecamatan Malili karena pasar berada di wilayah ini. Dilihat dari segi potensi, profesi yang dimiliki penduduknya sangat beragam, mulai dari pedagang, nelayan, petani, pegawai, karyawan swasta, tukang, pengrajin, petani tambak dan lain sebagainya.

Berikut gambaran tentang sejarah perkembangan Desa Baruga:
Awalnya Desa Baruga memiliki beberapa nama yakni Desa Balala lalu berubah menjadi Langaru kemudian menjadi Baruga sampai saat ini. Desa Baruga bernama Balala karena saat itu masih tergabung beberapa wilayah, yaitu: Balantang, Langaru dan Lagaroang. Pada saat itu jabatan Kepala Desa dijabat oleh Bapak Huseng (Kades Pertama).

Setelah tahun 1996 Desa Balala berubah nama menjadi Desa Langaru karena Balantang saat itu sudah layak dianggap  menjadi sebuah desa, dengan sendirinya Desa Balala pun berubah menjadi Desa Langaru.
Nama Langaru diambil dari nama pohon, karena saat itu sepanjang sungai yang membatasi Desa Malili dan Langaru, banyak tumbuh pohon kayu yang bernama Kayu Langaru. Desa Langaru pada waktu itu terdiri dari dua (2) wilayah yakni Lagaroang dan Langaru sendiri.

Dari tahun ke tahun Desa Langaru mengalami perkembangan yang cukup pesat, bersamaan dengan itu pada tahun 2000 terjadi perubahan kepemimpinan di Desa yang mana saat itu Bapak Muh. Jaya menjabat sebagai Kepala Desa yang kedua dan akhirnya Desa Langaru pun berubah nama menjadi Desa Baruga, dan wilayah Lagaroang tetap menjadi bagian dari Desa Baruga.
Pada tahun 2008 Bapak Muh. Jaya berakhir masa jabatannya karena masa tugas telah berakhir dan tampuk Pimpinan Pemerintah Desa dijabat sementara oleh Sekretaris Desa Baruga yakni Bapak Nasir Haruni, hingga pada tahun 2011. Setelah diadakan Pemilihan Kepala Desa langsung oleh Masyarakat Desa Baruga, terpilih Bapak H. Syamsu Alam Achmad, SE yang berakhir masa jabatannya pada bulan Januari 2017. Untuk menjabat kekosongan pemerintahan sebelum terpilihnya kepala desa baru maka ditetapkan Bapak Muhammad Isnaen, SH (Staf Kantor Kecamatan Malili) sebagai Pejabat Kepala Desa. Dan akhirnya setelah pemilihan kepala desa yang dilaksanakan pada bulan September 2017 terpilih kepala desa baru untuk periode 2017 sampai dengan 2023 yaitu Bapak Roy Mursyam S.Sos MM yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati No. Tahun 2017.

Silsilah Kepala Desa